Penjamin Mutu Internal – Pelaksanaan Finalisasi Draft RBKD dan LKD Tuesday, 15 February 2022 16:16

Penjamin Mutu Internal – Pelaksanaan Finalisasi Draft RBKD dan LKD

Beban Kerja Dosen (BKD) dan Laporan Kinerja Dosen (LKD) merupakan dua instrumen penting yang harus dipenuhi seorang dosen dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Terlepas dari aspek sertifikasi, STIT Ar-Raudlatul Hasanah meminta setiap dosennya untuk mengisi dan membuat kertas kerja tentang itu sebagai upaya penilaian internal atas mutu yang dilaksanakan. Bertempat di Ruang RCC dan Multimedia, Ahad, 10 Oktober 2021, dan dikoordinatori Ketua Lembaga Penjamin Mutu H. Zuhair Mubarak Hazaa, Lc., M.Pd dan Pembantu Ketua II Bidang Administrasi Abdul Aziz Sebayang, S.Pd.I., M.Pd, seluruh dosen menyelesaikan dan menandatangani berkas mereka masing-masing.

Dr. KH. Rasyidin, MA -Ketua STIT Ar-Raudlatul Hasanah, dalam kata sambutannya membuka acara ini menyatakan bahwa latihan sekaligus pelaporan seperti ini penting untuk terus diasah. Hal itu karena tidak menutup kemungkinan seraya berdoa seluruh dosen-dosen STIT Ar-Raudlatul Hasanah dapat tersertifikasi sehingga kompetensi dan kapabilitasnya sebagai dosen dapat diakui secara nasional -praktis dan administratif.

H. Zuhair Mubarak Hazaa, Lc., menyatakan secara praktis, kemampuan dosen-dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi harus diyakini telah mumpuni. Hanya saja, untuk menjaga kepercayaan masyarakat, sisi administrasi berupa laporan maupun kertas kerja tetap butuh untuk dilakukan. Dalam hal itulah kita bekerjasama dengan Pembantu Ketua II Bidang Administrasi melakukan finalisasi Draft yang memang telah kita siapkan jauh-jauh sebelum pelatihan.

Radinal Mukhtar Harahap, S.H.I., M.Pd sebagai dosen berkomentar, setelah pelatihan ini memang terlihat bahwa menjadi seorang pendidik apalagi di tingkat perguruan tinggi membutuhkan kinerja yang tinggi. Kita harus mempersiapkan berkas-berkas pendidikan seperti Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kontrak Perkuliahan, Modul Pembelajaran, Artikel Jurnal, Aktif dalam forum-forum ilmiah baik sebagai pembicara maupun peserta, aktif memberikan penyuluhan kepada masyarakat -naratif atau praktis. Intinya, ada banyak tugas yang insya Allah akan dibalas Allah secara setimpal di dunia maupun akhirat.