Kemahasiswaan - STIT-RH Meraih Juara Harapan 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Cipta Lapangan Kerja MTQ-38 Sumatera Utara Thursday, 31 March 2022 17:13

Kemahasiswaan - STIT-RH Meraih Juara Harapan 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Cipta Lapangan Kerja MTQ-38 Sumatera Utara

Mahasantriwati STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan atas nama May Novita Astri meraih juara harapan 2 lomba karya tulis ilmiah cipta lapangan kerja MTQ-38 Sumatera Utara dengan judul makalah Kaderisasi sebagai Solusi Cipta Lapangan Kerja Alumni (Kajian Tematik Alquran). Dalam makalahnya, ia menarasikan bagaimana konsepsi kaderisasi akan dapat menjadi solusi penciptaan lapangan kerja bagi alumni-alumni perguruan tinggi, khususnya ke-Islaman.


Konfirmasi terhadapnya diperoleh bahwa konsep kaderisasi yang dibawakannya terinspirasi oleh yang dilakukan pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan sebagai tempatnya kini mengajar -selain kuliah. "Sebagai orang pendidikan, tentunya untuk menciptakan lapangan kerja tidak akan jauh-jauh dari kegiatan belajar-mengajar. Kami memandang, jika kaderisasi mampu dioptimalkan, setiap guru akan selalu mempersiapkan penerus-penerusnya dalam mengajar tanpa ada perebutan posisi ataupun perebutan kerja sebagaimana di dunia non-pendidikan. Untuk itu kami mengangkat konsepsi kaderisasi selain mengharapkan ia mampu diduplikasi di banyak tempat." Ujar May


"Konsep kaderisasi ini memang menarik. Ia sebenarnya telah lama menjadi praktik pendidikan Islam -setidaknya merujuk pada yang telah terjadi di Madrasah Nizhamiyah yang dipimpin Imam Al-Ghazali dulu. Konsep ini yang dikembangkan oleh pesantren-pesantren modern sekarang untuk menghindari ketiadaan Kyai yang merancang secara total konsep pendidikan di Pesantren. Konsep ini melahirkan nilai-nilai musyawarah, bertumbuh bersama, menghindarkan ke-aku-an dan mengutamakan kekeluargaan" Bidang Penelitian dan Karya Ilmiah, Radinal Mukhtar Harahap, S.H.I., M.Pd, mengomentari.


"Selamat untuk May Novita Astri, dan semestinya yang lain untuk terus berupaya. Kita di STIT-RH harus terus memikirkan bagaimana berkontribusi, sedikit ataupun besar. Berbuat dahulu, insya Allah, Allah akan membantu." Abdullah Sani Ritonga, PK III yang membidangi kemahasiswaan memberikan semangat.